PERANAN EKONOMI KREATIF

crowdfunding, pendanaan, ide ide, uang kertas, bisnis, pemberian tangan, uang, koleksi, konseptual, perusahaan, kreatif, orang banyak, Desain, dolar, mata uang, keuangan, datar, investasi, investor, monetization, peron, proyek, tanggung jawab, sosial, trendi, sukarelawan, jaringan, hijau, kebiasaan manusia, fon, manusia, komunikasi, ilustrasi, organisme, desain grafis, seni, grafis, logo

PERANAN EKONOMI KREATIF 

 

Hakikat dan Inti Ekonomi Kreatif 

“Ekraf” kegiatan ekonomi yang mengutamakan pada kreativitas berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang memiliki nilai dan bersifat komersial.  

Dalam Konteks Ekonomi : 

Kreativitas menunjukkan suatu formulasi ide-ide baru dan menerapkan ide-ide tersebut untuk menghasilkan pekerjaanpekerjaan yang berasal dari produk-produk seni dan budaya, kreasi-kreasi yang berfungsi, penemuan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi

Aspek Ekonomi Diamati dari Kreativitas : 

  • Kontribusi terhadap kewirausahaan 
  • Pendorong inovasi 
  • Peningkatan produktivitas 
  • Pendorong pertumbuhan ekonomi 

3 Konsep Utama Kreativitas Ekonomi 

  1. Kreativitas ekonomi menyangkut proses menghasilkan sesuatu dari suatu yang tidak ada. 
  2. Kreativitas ekonomi merupakan hasil dari kolaborasi dalam menghasilkan sesuatu yang lama dengan cara-cara baru. 
  3. Kreativitas ekonomi merupakan penggunaan sesuatu untuk menciptakan sesuatu yang lebih sederhana atau lebih baik

Siapakah inti atau jantungnya ekonomi kreatif?

  • Industri Kreatif : industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas dalam menghasilkan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk (barang atau jasa) yang dihasilkan (Howkins, 2001).
  • Industri Kreatif dapat didefinisikan sebagai siklus kreasi, produksi, serta distribusi barang dan jasa yang menggunakan kreativitas dan modal intelektual sebagai input utama. Industri kreatif terdiri dari seperangkat pengetahuan berbasis aktivitas yang menghasilkan barang-barang riil dan intelektual nonrill atau jasa-jasa artistik yang memiliki kandungan kreatif, nilai-nilai ekonomi nonriil dan objek pasar. Industri kreatif tersusun dari suatu bidang yang heterogen yang paling mempengaruhi dari kegiatan-kegiatan kreatif yang bervariasi, yang tersusun dari seni dan kerajinan tradisional, penerbitan, musik, visual dan pembentukan seni sampai dengan penggunaan teknologi yang intensif dan jasa-jasa yang berbasis kelompok, seperti film, televisi dan siaran radio, serta media baru dan desian (UNCTAD).

Inti utama Ekraf adalah industri kreatif yang melakukan proses penciptaan melalui penelitian dan pengembangan (sebagai kekuatan untuk menghasilkan barang atau jasa yang bersifat komersil). 

Produk dari Industri Kreatif disebut produk komersialisasi (commercial product) yaitu berupa barang dan jasa kreatif (creative goods and services).

Peran Ekonomi Kreatif 

  1. Menghasilkan pendapatan (income generation) 
  2. Menciptakan lapangan kerja (job creation) 
  3. Meningkatkan penerimaan hasil ekspor (export earning) 
  4. Meningkatkan teknologi (technology development) 
  5. Menambah kekayaan intelektual (intelectual property) 

Mengapa ekraf dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi? 

  1. Ekraf dapat mendorong penciptaan pendapatan, lapangan kerja dan penerimaan ekspor dan ekraf juga dapat mempromosikan aspek-aspek sosial (social inclusion), ragam budaya dan pengembangan sdm. 
  2. Ekraf memupuk ekonomi, budaya dan aspekaspek sosial yang saling berhubungan dengan teknologi, kekayaan intelektual dan tujuan-tujuan wisata. 
  3. Merupakan seperangkat ilmu pengetahuan yang berbasis aktivitas ekonomi dengan suatu dimensi perkembangan dan keterkaitan antara tingkat makro dan mikro untuk ekonomi secara keseluruhan. 
  4. Ini adalah salah satu pilihan pengembangan yang layak untuk menggugah inovasi yang multidisiplin, respon kebijakan dan tindakan antar kementrian. 
  5. Didalam jantung ekraf terdapat industriindustri kreatif. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERANAN EKONOMI KREATIF "

Post a Comment